My Melody Crying Ayra blog: Bab 4 Diagram Alur
Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Bab 4 Diagram Alur

0 Comments


  BAB 4
Diagram Alur / Flowchart


Flowchart
      Flowchart  adalah  representasi  grafik  dari  langkah-langkah  yang harus  diikuti  dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing  simbol merepresentasikan  suatu  kegiatan  tertentu.

Flowchart  diawali  dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output. bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program

Simbol yang digunakan :
menunjukkan awal dan akhir dari program
memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter
menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data menunjukkan proses input     atau output untuk mewakili operasi perbandingan logika proses         yang      ditulis    sebagai                 sub program, yaitu prosedur / fungsi penghubung pada halaman yang sama penghubung pada halaman yang berbeda

Simbol Flowchart dan fungsinya :


Flowchart terdiri dari 3 struktur :
1.     Struktur Squence /sederhana
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan  dari ataske bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan Flowchart dengan struktur yang beurutan à alirannya dari atas kebawah secara berurutan.

Contoh : flowchart dari algoritma mencari luas persegi panjang, Luas Lingkaran.
2.     Struktur Branching
Diagram yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan. Flowchart dengan stuktur percabangan à digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya. contoH : flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang dimasukkan 
ganjil atau genap


3.     Struktur looping
Flowchart dengan Struktur perulangan à digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Contoh:
flowchart dari algoritma untuk menampilkan bilangan ganjil dibawah nilai 10. à sehingga proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu 10.

Catatan:
Flowchart yang dibuat bisa juga merupakan gabungan dari ketiga struktur diatas.

VARIABEL
Variabel, sebagai tempat untuk menyimpan suatu nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variable itu sendiri dan nilai yang disimpan. variabel  / Peubah à suatu nilai yg dapat berubah harganya.
Contoh pemberian nilai ke variabel :
A = 5 à variabel A diberi nilai 5.
A = B à variabel A diberi nilai sama dengan nilai variabel B.
variabel B sudah memiliki nilai sebelumnya
A = A +1 à variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1. (proses increament)
Jenis variabel terbagi atas :
1.     Variabel numerik à berisi angka numerik /bilangan
2.     Variabel String à berisi karakter.
STRUKTUR BRANCHING /Percabangan
1.     Bersyarat
Diagram       yg           alurnya                 ada/banyak        terjadi   alih         kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH Struktur : If then
If then else If then elseif Case of.
2.     Tidak Bersyarat Struktur : GOTO
Studi kasus
Buat diagram alur untuk masalah menghitung temperatur dalam derajat Fahrenhait  yang diubah ke dalam  derajat Celcius & Reamur.
Dengan rumus :
C =
(F-32)
R =
(F-32)
9
9
Derajat Celsius (°C) adalah suatu satuan ukur suhu yang mendapatkan namanya dari ahli astronomi Anders Celsius (1701–1744), yang pertama kali mengusulkannya pada tahun 1742. Skala suhu celsius didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar.
Fahreheit adalah salah satu skala temperatur selain Celsius dan kelvin. Nama Fahrenheit diambil dari ilmuwan Jerman yang bernama Gabriel
Fahrenheit (1686-1736). Dalam skala ini, titik beku air adalah 32 derajat
Fahrenheit (ditulis 32°F) dan titik didih air adalah 212 derajat Fahrenheit. Negatif 40 derajat Fahreheit sama dengan negatif 40 derajat Celsius.

A.    Soal Latihan :
1.       Buatlah Algoritma            untuk    konversi jam ke menit   dengan masukannya jam .
2.       Algoritma untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh pembeli dari sejumlah barang yang dibeli, setelah mendapatkan diskon 10% dengan syarat jumlah total pembelian > Rp. 1.500.000,-
B.    Soal Latihan
Tersedia potongan Program berikut ini :
If (A>B) {
Perintah 1
}
Else If ((A< B) or (C>B)) {
Perintah 2
}
Else {
perintah 3
}

Buatlah bentuk Flowchart dari potongan Program diatas.


0 Comments: