Bab 4 Diagram Alur
BAB 4
Diagram Alur /
Flowchart
Flowchart
Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang
harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang
terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol
merepresentasikan suatu kegiatan tertentu.
Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output. bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program
Simbol yang digunakan :
menunjukkan
awal dan akhir dari program
memberikan
niai awal pada suatu variabel atau counter
menunjukkan
pengolahan aritmatika dan pemindahan data menunjukkan proses input atau
output untuk mewakili operasi perbandingan logika proses yang ditulis sebagai sub
program, yaitu prosedur / fungsi penghubung pada halaman yang sama penghubung
pada halaman yang berbeda
Simbol Flowchart
dan fungsinya :
Flowchart terdiri
dari 3 struktur :
1. Struktur Squence /sederhana
Diagram yang
alurnya mengalir secara berurutan dari ataske bawah atau dengan kata
lain tidak adanya percabangan atau pengulangan Flowchart dengan struktur yang
beurutan à alirannya dari atas kebawah secara berurutan.
Contoh :
flowchart dari algoritma mencari luas persegi panjang, Luas Lingkaran.
2. Struktur Branching
Diagram
yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan. Flowchart dengan
stuktur percabangan à digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan
pilihan proses selanjutnya. contoH : flowchart dari algoritma menentukan apakah
bilangan yang dimasukkan
ganjil
atau genap
3. Struktur looping
Flowchart
dengan Struktur perulangan à digunakan untuk mengulangi
langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Contoh:
flowchart dari
algoritma untuk menampilkan bilangan ganjil dibawah nilai 10. à sehingga
proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu
10.
Catatan:
|
Flowchart
yang dibuat bisa juga merupakan gabungan dari ketiga struktur diatas.
|
VARIABEL
Variabel, sebagai tempat untuk
menyimpan suatu nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variable itu sendiri
dan nilai yang disimpan. variabel / Peubah à suatu nilai
yg dapat berubah harganya.
Contoh pemberian
nilai ke variabel :
A = 5 à variabel A diberi nilai 5.
A = B à variabel
A diberi nilai sama dengan nilai variabel B.
variabel B sudah
memiliki nilai sebelumnya
A = A +1 à variabel
A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1. (proses
increament)
Jenis variabel
terbagi atas :
1. Variabel numerik à berisi
angka numerik /bilangan
2. Variabel String à berisi
karakter.
STRUKTUR BRANCHING /Percabangan
1. Bersyarat
Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa
percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua
pilihan BENAR/ SALAH Struktur : If then
If then else If
then elseif Case of.
2. Tidak Bersyarat Struktur : GOTO
Studi kasus
Buat diagram alur untuk masalah menghitung temperatur
dalam derajat Fahrenhait yang diubah ke dalam derajat
Celcius & Reamur.
Dengan rumus :
C =
|
5 (F-32)
|
R =
|
4 (F-32)
|
9
|
9
|
Derajat Celsius
(°C) adalah suatu satuan ukur suhu yang mendapatkan namanya dari ahli astronomi
Anders Celsius (1701–1744), yang pertama kali mengusulkannya pada tahun 1742.
Skala suhu celsius didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan
titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar.
Fahreheit adalah
salah satu skala temperatur selain Celsius dan kelvin. Nama Fahrenheit diambil
dari ilmuwan Jerman yang bernama Gabriel
Fahrenheit
(1686-1736). Dalam skala ini, titik beku air adalah 32 derajat
Fahrenheit (ditulis 32°F) dan titik
didih air adalah 212 derajat Fahrenheit. Negatif 40 derajat Fahreheit sama
dengan negatif 40 derajat Celsius.
A. Soal Latihan :
1. Buatlah Algoritma untuk konversi
jam ke menit dengan masukannya jam .
2. Algoritma untuk menghitung jumlah yang
harus dibayar oleh pembeli dari sejumlah barang yang dibeli, setelah
mendapatkan diskon 10% dengan syarat jumlah total pembelian > Rp.
1.500.000,-
B. Soal Latihan
Tersedia potongan Program berikut ini
:
If (A>B) {
Perintah 1
}
Else If ((A< B) or (C>B)) {
Perintah 2
}
Else {
perintah 3
}
|
Buatlah bentuk Flowchart dari potongan Program
diatas.
0 Comments: